Rabu, 23 November 2011

Situs yang Melayani Search Engine

Search engine adalah salah satu fasilitas yang dimiliki beberapa situs yang ada di dunia yang dijalankan melalui web browser dengan fasilitas search engine para netter atau pengguna internet dengan mudah mencari informasi yang dibutuh kan search engine menyimpan milyaran halaman web yang merupakan database dari seluruh duna
search engine merupakan sebuah situs khusus yang di rancang untuk menyimpan katalog serta menyusun daftar alamat tersebut berdasarkan topik. situs yang melayani serach engine di antaranya adalah :


  • yahoo.com
  • google.com/co.id
  • live.com
  • altavista.com
  • infoseek.com
  • lycos.com
  • Excite.com

 Beberapa Contoh Tampilan Search engine :

                                               http://www.google.com/


                                                 http://www.yahoo.com/
                                                  http://www.altavista.com/




                                      
A. Menggunakan serach engine dalam mengakses informasi di internet

Untuk memakai search engine, Seorang user harus memasukkan search term (Kata / frase yg hendak dicari). Kemudian sesuai cara kerja search engine, akan dihasilkan daftar situs World Wide Web (WWW), atau daftar dokumen file file bebas download.


 Cara Kerja Search Engine

 Cara kerja search engine itu dengan menscan / mengcrawl konten web dalam komputer dan jaringan, atau juga dengan menganalisa / memparsing hasil index crawling tsb dan kemudian disusun index keyword konten web.
Layanan pencarian web ini bekerja dengan membangun index sekaligus secara rutin mengupdate index halaman web dan file. Semua ini berkat bantuan sejenis web browser otomatis atau spider robot atau web crawler yg menjelajahi internet, mengumpulkan setiap halaman situs yg dapat crawler tsb temukan.
Halaman situs tsb akan mengalami proses index berdasar susunan kata, frase, dan kalimat yg mengisi konten. Proses index search engine ini melakukan perlakuan khusus pada judul dan header. Sehingga saat user memasukkan query, search engine akan menscan database index dan kemudian memunculkan daftar halaman yg paling sesuai dgn query pencarian user. Biasanya hasil scan akan didapatkan dalam hitungan detik

Perbedaan Antar Search Engine

 Umumnya saat engine mesin pencari menampilkan daftar hasil, halaman dirangking sesuai dengan seberapa banyak situs lain melink ke halaman tsb. Asumsi dibangun atas dasar semakin berguna sebuah situs, maka akan semakin sering situs lain mengirim user ke sana. Google menjadi pionir tehnik menilai kualitas link. Nama teknologi search engine ini Pagerank.
Namun perlu diingat kalau Pagerank bukan satu satunya kriteria penilaian SEO. Namun pagerank bukan satu satunya kriteria. Catatan penting lainnya, setiap search engine memiliki kriteria masing masing. Itulah mengapa dibalik rahasia perbedaan hasil pencarian google dengan hasil pencarian yahoo.

Sebagai awal belajar pagerank, kamu bisa membaca 4 Optimasi Konten demi Peningkatan Pagerank.
Perlu juga diperhatikan kalau hasil pencarian tidak sepenuhnya mewakili kualitas link. Penyebabnya adanya link yg disebut link sponsor. Link sponsor adalah link yg tampil pada hasil pencarian bukan disebabkan kualitas link melainkan perusahaan third party membayar jasa komisi searce engine untuk meletakkan link mereka pada hasil pencarian atau SERP (Search Engine Result Page). Dalam kontens google adsense, mereka yg membeli link google disebut adwords publisher.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar